Tutorial Membuat Jurnal Penyesuaian dan Neraca Saldo Disesuaikan
Membuat Jurnal Penyesuaian di Excel
Aplikasi Jurnal Penyesuaian
Jurnal penyesuaian merupakan penentu keadaan sebuah penyusunan laporan. kita semua paham, ketika seorang akuntan salah dalam menghitung jumlah atau pun selisih dalam menulis jumlah. maka semua laporan akan berpengaruh besar terhadap perusahaan.
Selain perhitungan manual, sebenarnya banyak aplikasi yang digunakan dalam membuat laporan akuntansi. Namun sesuai dengan kebutuhan materi, saya akan membuat jurnal penyesuaian di Excel lengkap dengan langkah-langkahnya. Penggunaan aplikasi pengolah angka/ Spreadsheet (Ms. Excel) ini memang memiliki teknik input sangat cepat dan mudah, Namun ketelitian harus benar-benar diperhatikan.
Sebelum melangkah ke format membuat jurnal penyesuaian di Excel atau Aplikasi pengolah Angka/ Spreadsheet, Maka kalian perlu memahami terlebih perbedaan jurnal umum dan jurnal penyesuaian serta fungsinya.
Neraca lajur pada dasarnya hanya memindahkan data yang sudah ada dan sudah kita hitung, Namun proses pemindahan ini perlu ada pencocokan apakah data tersebut sudah benar. Hal ini kembali pada fungsi dari neraca lajur yakni memeriksa kembali data untuk menghindari dari kesalahan dalam pencatatan.
Selain perhitungan manual, sebenarnya banyak aplikasi yang digunakan dalam membuat laporan akuntansi. Namun sesuai dengan kebutuhan materi, saya akan membuat jurnal penyesuaian di Excel lengkap dengan langkah-langkahnya. Penggunaan aplikasi pengolah angka/ Spreadsheet (Ms. Excel) ini memang memiliki teknik input sangat cepat dan mudah, Namun ketelitian harus benar-benar diperhatikan.
Sebelum melangkah ke format membuat jurnal penyesuaian di Excel atau Aplikasi pengolah Angka/ Spreadsheet, Maka kalian perlu memahami terlebih perbedaan jurnal umum dan jurnal penyesuaian serta fungsinya.
Baca Juga
Pengertian Jurnal Penyesuaian
Jurnal yang dibuat pada periode tertentu untuk menyesuaikan saldo-saldo perkiraan (akun) untuk menentukan keadaan yang sebenarnya sebelum penyusunan laporan keuangan.
Fungsi Jurnal Penyesuaian
Fungsi dari jurnal penyesuaian adalah untuk mengetahui saldo pada akun buku besar secara riil dan menghitung pendapatan serta beban pada periode tertentu.
Bentuk Jurnal Penyesuaian
Bentuk jurnal penyesuaian ini sama dengan bentuk jurnal umum, seperti tampilan gambar berikut.
Membuat Jurnal Penyesuaian di Ms. Excel atau Aplikasi pengolah Angka/ Spreadsheet.
1. Menambahkan Sheet Baru
Silahkan buka file excel Laporan pembukuan yang sudah anda susun (Daftar Akun, Neraca Saldo Awal, Jurnal Umum, Buku Besar dan yang terakhir Laporan Neraca Saldo), Seperti biasa silahkan tambahkan sheet baru (sheet 11) menjadi Jurnal Penyesuaian
2. Buat Format
Buatlah format jurnal penyesuaian seperti gambar berikut.
3. Input Data Jurnal Penyesuaian
- Perhatikan Soal Aplikasi Siklus Akuntansi pada point soal transaksi penyesuaian pada bulan Desember 2018
- Untuk memasukkan data pada tabel jurnal penyesuaian ini sama halnya pada saat memasukkan data pada Jurnal umum. Namun ada sedikit perbedaan mengenai posisi No. Akun dan Nama Akun yang terbalik. Pada Form:
- Jurnal Umum = Urutannya Tanggal, Akun, No. Akun, Debet, Kredit
- Jurnal Penyesuaian = Urutan Tanggal, No. Akun, Akun, Debet, Kredit
- Perhatikan langkah berikut:
- Pada Sel bawahnya Akun (warna kuning) silahkan menggunakan fungsi =VLOOKUP(Sel bawah No. Akun;Tabel Array[*Tabel Daftar Akun];2;FALSE)
- Setelah hasilnya muncul #N/A
- Selanjutnya, pastikan posisi kursor tetap berada pada sel berisi #NA
- Silahkan input transaksi penyesuaian pada bulan Desember dengan menggunakan Data Form. Proses input sama persis dengan membuat Jurnal umum di Excel.
- Silahkan jumlah dari masing-masing kolom debet dan masing-masing kolom kredit dengan menggunakan rumus =SUM.
- Hasil dari jumlah masing-masing kolom debet dan kredit harus sama.
Setelah Laporan jurnal penyesuaian anda selesai, Selanjutnya kita akan membuat format Neraca Lajur di Excel
Format Neraca Lajur di Excel
Aplikasi Neraca Lajur
Neraca lajur pada dasarnya hanya memindahkan data yang sudah ada dan sudah kita hitung, Namun proses pemindahan ini perlu ada pencocokan apakah data tersebut sudah benar. Hal ini kembali pada fungsi dari neraca lajur yakni memeriksa kembali data untuk menghindari dari kesalahan dalam pencatatan.
Dengan adanya Format Neraca Lajur di Ms. Excel atau Aplikasi Pengolah Angka/ Spreadsheet ini sangat membantu penyelesaian pemindahan data secara cepat, serta dapat meminimalisir kesalahan data.
Untuk Format Neraca lajur di Excel ini, saya akan memberikan trik yang sederhana dan singkat, dan mudah-mudahan bisa di mengerti.
Baca Juga
Pengertian Neraca Lajur
Suatu daftar yang digunakan untuk mencatat, menyesuaikan dan menggolongkan semua akun yang ada pada neraca saldo. Neraca lajur terdiri dari Neraca Saldo, Jurnal Penyesuaian, Neraca Saldo setelah Penyesuaian, Laba/ Rugi dan Neraca
Manfaat Neraca Lajur
Neraca lajur bermanfaat untuk memeriksa akun dan saldo disajikan serta memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan.
Membuat Format Neraca Lajur di Ms. Excel atau Aplikasi Pengolah Angka/ Spreadsheet. (Part 1)
Sebelum saya mulai membahas mengenai langkah-langkah membuat Neraca Lajur di Excel. Silahkan buka kembali Soal Siklus Akuntansi, serta hasil Lembar kerja anda Yakni: Jurnal Umum, Buku Besar, Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian. Sebab hasil lembar kerja ini lah yang nantinya akan nampak hasilnya di sini.
Jika File Lembar kerja Excel anda sudah anda buka, Perhatikan langkah-langkah berikut:
1. Tambahkan Sheet Baru
Masih di file Excel Siklus Akuntansi yang sudah kalian buat, silahkan tambahkan sheet baru (Sheet 12), Silahkan ganti nama menjadi Neraca Lajur
2. Buat Format Tabel seperti berikut
Silahkan buat format tabel seperti gambar berikut.
3. Salin Data Sheet Neraca Saldo pada Lajur Neraca Saldo
Salin semua data Neraca Saldo ke Sel A7 dengan cara:
- Klik Sheet Neraca Saldo, Kemudian copy semua isi yang ada di tabel.
- Kembali lagi di Sel A7 --> Klik paste Special --> Values and number formats --> OK
*Mengapa harus Values and number?
Agar rumus tidak tersalin pada hasil copyan.
4. Cara mengisi pada Lajur Penyesuaian
- Kolom DEBET
- Posisikan kursor pada kolom debet Sel E7
- Tuliskan Rumus: =SUMIF(Jurnal Penyesuaian;No. Akun Neraca Lajur;Kolom debet penyesuaian pada Jurnal Penyesuaian)
- Keterangan:
- *Jurnal Penyesuaian=Blok sel B7 --> E16 (absolut/ F4)
- *No. Akun= Klik Sel A7
- *Kolom Debet penyesuaian= Klik jurnal penyesuaian --> Blok sel D7 --> D16 (absolut/ F4)
- Kolom KREDIT
- Posisikan kursor pada kolom Kredit Sel F7
- Tuliskan Rumus: =SUMIF(Jurnal Penyesuaian;No. Akun Neraca Lajur;Kolom Kredit penyesuaian pada Jurnal Penyesuaian)
- Keterangan
- *Jurnal Penyesuaian=Blok sel B7 --> E16 (absolut/ F4)
- *No. Akun= Klik Sel A7
- *Kolom Kredit penyesuaian= Klik jurnal penyesuaian --> Blok sel E7 --> E16 (absolut/ F4)
Setelah anda menyelesaikan input Lajur/ Kolom:
- Neraca Saldo
- Penyesuaian
Untuk proses ini, menurut saya sedikit lebih rumit dan membutuhkan ketelitian yang Ekstra. Silahkan koreksi sejenak hasil anda, apakah data anda sudah benar? Jika sudah benar. Maka selanjutnya pada Format Neraca Lajur di Excel (Part 2) saya akan membahas mengenai langka-langkah pengisian untuk lajur/ Kolom:
- Neraca Saldo Setelah disesuaikan
- Laba/ Rugi
- Neraca


Komentar
Posting Komentar